KRITIK DAN SARAN

13 Januari 2014
Norma Kumala Dewi
Saya dari PT.Endo Indonesia importir & Distributor exclusive Laparoscopy Tontara . . . .

27 Juli 2013
Putu Iwan
kami dari mapanmajucreative, menawarkan jasa sewa proyektor, bagi rekan2 dokter . . . .
ARTIKEL

PENATALAKSANAAN ASMA EKSASERBASI
19 Agustus 2015

Oleh : dr. Kadek Widianiti

 

Definisi

Asma merupakan penyakit paru obstruksi yang paling banyak ditemukan dengan prevalens asma yang  meningkat dari waktu ke waktu. Asma merupakan peradangan kronis yang umum terjadi pada saluran napas yang ditandai dengan gejala yang bervariasi dan berulang, penyumbatan saluran napas yang bersifat reversibel, dan spasme bronkus. Asma Eksaserbasi atau dikenal dengan serangan asma adalah suatu episode dari sesak napas, batuk, mengi dan rasa tertekan di dada atau kombinasi dari gejala-gejala tersebut yang terjadi secara progresif dan cepat. Karakteristik eksaserbasi adalah terjadi penurunan aliran udara ekspirasi yang dapat dinilai dan dimonitor dengan pengukuran faal paru (VEP1 atau APE). Pencetus serangan asma bevarasi pada setiap individual. Penyempitan tersebut bersifat sementara, yang dapat dipicu oleh berbagai rangsangan, seperti makanan, serbuk sari, polusi udara atau debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan aktivitas berlebihan atau pun olahraga, emosi yang berlebihan dan zat kimia dan obat-obatan. 

 

  

Diagnosa

Diagnosa asma ditegakkan dengan gejala yang khas pada asma. Untuk memperkuat diagnosa asam perlu dilakukan pemeriksaan tes fungsi paru yang disebut dengan spirometri untuk menilai beratnya sumbatan jalan nafas dan menilai respon dari pengobatan.

 

Tujuan Penatalaksanaan Asma Eksaserbasi

-          Menghilangkan obstruksi secepat mungkin

-          Mengembalikan faal paru ke  normal secepat mungkin

-          Mencegah kekambuhan

 

Klasifikasi Berat Serangan atau Eksaserbasi Asma Akut

 

Gejala dan Tanda

Serangan Akut Ringan

Serangan Akut Sedang

Serangan Akut Berat

Mengancam Jiwa

Sesak nafas

Berjalan

Berbicara

Istirahat

 

Posisi Tubuh

Dapat tidur terlentang

Duduk

Duduk  membungkuk

 

Cara Berbicara

Satu kalimat

Beberapa kata

Kata demi kata

 

Kesadaran

Mungkin gelisah

Gelisah

Gelisah

Mengantuk dan gelisah atau kesadaran menurun

Frekuensi Nafas

<20

20-30

>30

 

Nadi

<100

100-120

>120

 

Otot Bantu Nafas dan retrkasi suprasternal

Tidak ada

Ada

Ada

Pergerakan otot paradoksal abdominal

Mengi

Akhir ekspirasi paksa

Akhir ekspirasi

Inspirasi dan ekspirasi

Sillent Chest

APE

>80%

60-80%

<60%

 

PO2

>80

60-80

<60

 

PCO2

<45

<45

>45

 

SaO2

>95%

91-95%

<90%

 

Tatalaksana Asma Eksaserbasi di Fasilitas Pelayanan Primer

A.      Pasien dengan gejala eksaserbasi ringan sedang diberikan SABA: 4-10 semprot dengan MDI + spacer, ulangi setiap 20 menit selama 1 jam. Berikan Prednisolon: dewasa 1mg/kg, maks. 50 mg, anak 1-2 mg/kg, maks. 40 mg. Berikan Oksigen (jika ada): target saturasi 93-95% (anak: 94-98%). Observasi selama 1 jam bila belum ada perubahan secara klinis pindahkan ke fasilitas penanganan akut (UGD).

B.      Pasien dengan gejala eksaserbasi berat dan mengancam jiwa langsung pertimbangkan untuk pemindahan ke fasilitas penanganan akut (UGD).Selama menunggu: berikan SABA, O2, kortikosteroid sistemik.

                  

Tatalaksana Asma Eksaserbasi di Fasilitas Penanganan Akut (UGD)

A.      Pasien dengan gejala eksaserbasi ringan sedang diberikan Beta-2-agonis kerja cepat (SABA), pertimbangkan ipratropium bromida, kontrol O2 untuk mempertahankan saturasi hingga 93-95% (pada anak 94-98%) , kortikosteroid oral dan observasi  selama 1 jam. Bila selama observasi keadaan memburuk lakukan terapi sebagai derajad berat.

B.      Pasien dengan gejala eksaserbasi berat diberikan Beta-2-agonis kerja cepat , Ipratropium bromida, kontrol O2 untuk mempertahankan saturasi  hingga 93-95% (pada anak 94-98%), kortikosteroid oral atau IV, pertimbangkan kortikosteroid inhalasi, Bila selama perjalanan observasi keadaan memburuk dipertimbangkan untuk perawatan ICU untuk pertimbangan penggunaan intubasi.

 

 

Sumber Gambar : Encylopedia Britanica



 
Copyright © 2010 IDI Jembrana. All Rights Reserved. Maintained by rumahmedia